Selasa, 03 Mei 2011

Osama tewas, akankan terorisme berhenti???

Berita yang beredar belakangan menyebutkan Osama Bin Laden sosok yang paling dicari oleh AS telah tewas terbunuh oleh pasukan AS di Pakistan. Tewasnya Osama ( tokoh yang dianggap paling bertanggung jawab atas terorisme 11 September 2011 di WTC ) dikuatkan dengan pernyataan resmi dari presiden Amerika Serikat Barack Obama. Kabar tersebut disambut meriah oleh warga AS yang bergembira atas tewasnya pemimpin AL Qaeda itu.
Kemudian pertanyaan muncul. Akankah terorisme berhenti dengan tewasnya Osama???
Ini yang sebenarnya menjadi pertanyaan substansial. Terorisme mau tidak mau menjadi ancaman bagi Negara – Negara barat (AS dan sekutunya) dan bahkan Negara – Negara seperti Indonesia juga tidak lepas dari ancaman terorisme. Kita ingat bom Bali I dan II, bom Kuningan, bom Marriot, dll menjadi bukti bahwa terorisme juga mengancam Negara Indonesia.
Kembali ke pertanyaan diatas, akankah terorisme berhenti???

Sebagian orang yang bergembira pasti akan berpendapat tewasnya Osama akan mengahiri terorisme. Namun, akan sangat mungkin bahwa terorisme akan terus berlanjut walaupun Osama bin Laten telah tewas. Osama memang orang yang sangat disegani dalam organisasi AL Qaeda, namun di Al Qaeda bukan hanya Osama saja yang mempunyai pengaruh, masih ada tokoh seperti Syaikh Ayman Al Zawahiri yang merupakan orang nomor 2 setelah Osama. Jadi masih ada potensi terorisme, bahkan mungkin juga akan lebih mengerikan pasca tewasnya Osama.

Terorisme lahir karena adanya ketidakadilan, kesewenang-wenangan. Inilah yang seharusnya diselesaikan bila ingin terorisme tidak berkembang. Selamaakar permasalahan tidak diselesaikan seperti sikap Barat ( AS dan sekutu ) yang bertindak tidak adil terhadap rakyat Palestina dan membiarkan penjajahan Israel terus menerus menindas rakyat Palestina, serta berbagai ketidakadilan lain terhadap umat Islam, maka terorisme akan terus muncul.

Jadi tewasnya Osama bukan berarti terorisme seketika mati. Selama akar permasalahan seperti kemiskinan, ketidakadilan, dll belum selesai maka potensi terorisme masih ada. Negara harus berhati – hati akan hal ini, dan upaya deradikalisasi serta perlawanan terhadap ideology terorisme  harus diupayakan oleh para tokoh agama seperti ulama, dan juga para pendidik.

Semoga Allah melindungi kita dari berbagai hal yang tidak baik.

Amin….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beceloteh di sini!!!