Minggu, 31 Juli 2011

Marhaban ya Ramadhan


Ketika anda lewat di sebuah jalan anda akan melihat sebuah spanduk bertuliaskan Marhaban Ramadhan, di televisi, radio, dan ditempat – tempat lainnya juga terlihat ucapan dan tulisan demikian. Ini menandakan datangnya bulan Ramadhan, bulan yang dianggap suci oleh umat Islam. Bulan ini dipercaya sebagai bulan yang mulia dan penuh barokah sehingga umat Islam berupaya menjalankan ibadah dengan semaksimal mungkin. Di bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah – ibadah lain termasuk ibadah yang bersifat horisontal ( sesama manusia ).
Bulan Ramadhan menjadi momentum penting bagi umat Islam bahkan untuk bangsa Indonesia. Karena tidak bisa dipungkiri, mayoritas penduduk Indonesia adalah penganut Islam sehingga bulan ramadhan menjadi bulan yang cukup mendapat perhatian lebih. Bulan ramadhan selalu dijadikan sebagi sebuah momen untuk menjadi manusia yang lebih baik. Hal ini dikarenakan di bulan ramadhan, umat Islam di anjurkan untuk menahan segala hawa nafsu baik makan, minum serta nafsu – nafsu lain termasuk didalamnya korupsi. Jadi selain menjadi momentum baik untuk umat Islam, bulan Ramadhan juga menjadi momen baik bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Bangsa ini harus bisa memanfaatkan bulan ramadhan sebagai bulan untuk nersih – bersih dari korupsi yang menjadi kejahatan paling berbahaya di negeri ini.
Selain itu bangsa ini serta umat Islam khususnya bisa memperbaiki kehidupa keberagaman di negeri ini. Peristiwa yang pernah mencoreng kerukunan hidup beragama harus segera dihilangkan sebagai wujud pengendalian hawa nafsu. Kehidupa yang penuh toleran juga harus lebih baik lagi. Kita tidak mau lagi ada kekerasan di bulan suci ini. Yang tidak berpuasa harus bisa menghormati yang berpuasa, dan yang penting lagi yang puasa juga harus bisa menghargai yang tidak berpuasa.
Itulah sejatinya bulan Ramadhan, selain memaksimalkan ibadah vertikal antara invidu dengan Tuhan, namun juga memaksimalkan ibadah horisontal (ibadah sosial) dengan sesama manusia.
Akhirnya saya ucapkan selamat datang bulan suci, Marhaban ya Ramadhan. Semoga yang menjalankan mendapat kemudahan, dan yang tidak menjalankan ikut mendapat kebahagiaan atau paling tidak yang tidak menjalankan tidak merasa terganggu dengan blan Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beceloteh di sini!!!